Berprofesi sebagai seorang marketing emang tidak mudah, butuh strategi khusus agar tak kalah saing dengan pelaku pasar lainnya.
Kenali perilaku konsumen Anda
Sebelum menawarkan produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu
tentukan target pasar yang akan Anda bidik. Bisa jadi Anda membidik
komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal
dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah. Pastikan
bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat.
Karena itu kenali perilaku konsumen yang Anda bidik, untuk mengetahui
minat dan kebutuhan mereka.
Tingkatkan product knowledge Anda
Salah satu senjata yang harus dikuasai seorang marketing adalah product
knowledge (informasi produk).
Dengan mengetahui segala informasi tentang
produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat
membantu Anda untuk meyakinkan para calon konsumen. Sampaikan informasi
tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk
kepada calon konsumen Anda, agar mereka semakin yakin untuk memilih
produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Selalu optimis dan pantang menyerah
Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar,
sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di
kejar-kejar dengan target perusahaan, atau mengalami penolakan dari
calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima
para marketing. Karena itu usahakan untuk selalu optimis dalam melayani
konsumen, dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan
semangat yang Anda tunjukan kepada calon pelanggan menjadi kunci utama
kesuksesan Anda sebagai seorang marketing.
Perluas jaringan bisnis Anda
Memperluas jaringan bisnis sama halnya dengan menciptakan peluang pasar.
Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang
yang Anda ciptakan untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan
pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda
untuk mendapatkan pelanggan baru.
Perhatikan respon pelanggan
Terkadang setiap pelanggan memberikan respon yang berbeda terhadap
produk atau jasa yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan produk
atau jasa Anda, maka cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk
memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun bila respon
konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda
untuk mencapai hasil yang lebih baik kedepannya.
Buatlah strategi pemasaran produk yang menarik
Terakhir, buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik minat pelanggan.
Misalnya saja dengan memberikan potongan harga, menawarkan bonus
tertentu untuk pembelian diatas rata-rata, menambahkan undian berhadiah
pada event-event khusus, atau mengadakan beberapa kegiatan promosi yang
melibatkan konsumen sebagai pesertanya (seperti menjadi sponsor utama
kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya yang
bertujuan membangun loyalitas konsumen). Demikian 5 Kunci Sukses Menjadi Seorang Marketing semoga bermanfaat…
Sumber : http://bisnisukm.com/5-kunci-sukses-…marketing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar